Kamis, 22 November 2012

macam2 virus computer





Malware adalah jenis aplikasi perangkat lunak yang secara khusus ditulis untuk melancarkan serangan terhadap sebuah komputer pribadi atau jaringan. Tujuan dari perangkat lunak berbahaya ini adalah mencoba untuk mendapatkan akses tidak sah ke dalam sistem, dan menyebabkan kerusakan pada sistem atau mencuri informasi rahasia dari komputer kita, atau bahkan informasi keuangan yang pernah kita lakukan ketika berbelanja online. Malware ini sering kita sebut sebagai satu kesatuan yang kita kenal dengan VIRUS. Tapi sebenarnya virus ini memiliki jenis – jenisnya sendiri


Virus adalah sebuah program yang mereplikasi dirinya ke dalam file executable pada PC, dan kemudian menyebar sendiri setelah dieksekusi / ketika pengguna menjalankan program. Mereka tidak akan tahu bahwa mereka telah mengaktifkan virus jika mereka tidak memiliki program anti virus yang up to date. Sebuah virus komputer dibuat dengan tujuan utamanya untuk menghancurkan data, atau kadang-kadang hanya menyebabkan sedikit gangguan. Virus bekerja atau menginfeksi komputer, pertama kali dengan memasukan dirinya kedalam memori sistem. Ketika file eksekusi, kode virus akan dijalankan dan menghancurkan data pengguna atau file sistem pada sebuah sistem operasi. Kadang-kadang, setelah diaktifkan virus akan menunggu sampai waktu atau tanggal tertentu sebelum benar – benar mengaktifkan dirinya sendiri.



Boot sektor atau bootstrap virus
Virus jenis ini menginfeksi sektor pertama dari hard disk yang merupakan Bagian yang digunakan untuk booting atau akan memulai komputer sebelum masuk kedalam sebuah sistem operasi. Virus boot sector akan segera aktif setelah komputer dihidupkan. misal pada Virus Brontok yang akan membuat pc kamu restart terus menerus.

Parasit
Virus jenis ini menginfeksi file executable (.exe) atau aplikasi pada PC. File yang terinfeksi sebenarnya tetap utuh, namun ketika file tersebut dijalankan, virus akan ikut berjalan. Jika komputer yang terinfeksi terhubung ke jaringan, virus itu mungkin telah diperintah untuk menyebarkan dirinya dari satu komputer ke komputer lain dan kemudian menginfeksi tiap komputer. Virus juga dapat menginfeksi data yang disimpan pada floppy disk, hard disk, atau bahkan pada perangkat jaringan semisal Router.

Trojan
Sebuah Trojan horse, atau kadang-kadang hanya disebut Trojan. Sebuah Trojan adalah kode berbahaya yang tertanam di dalam aplikasi. Mereka biasanya bersembunyi di antara aplikasi keygen. Aplikasi ini akan terlihat berguna atau menarik dan tidak berbahaya sampai dieksekusi. Sebagian besar Trojan berisi kode yang akan diam-diam mengumpulkan informasi tentang pengguna. Trojan ini sering kali hanya disebut spyware, dan muncul sebagai jendela pop-up di layar komputer pengguna. Beberapa Trojan ditulis untuk memungkinkan komputer pengguna untuk dikendalikan jarak jauh oleh penyerang, bahkan tanpa pengguna mengetahui hal ini.

Worms
Worm adalah jenis virus komputer yang tidak menginfeksi executable atau aplikasi. Sebaliknya worm akan berada dalam memori aktif PC. Virus jenis ini biasanya membuat jaringan atau pc menjadi lamban. Worm bekerja dengan memindai (Scan) komputer untuk mencari kelemahannya dan menggunakan celah keamanan yang ditemukan. Efek dari Worm bisa mempengaruhi kecepatan jaringan sampai sumber daya komputer.

Spam
Spam email atau JunkMail bekerja dengan mengisi kotak email kamu sehari-hari. Pesan-pesan ini datang dari berbagai sudut dunia, dan biasanya menjual produk kesehatan tertentu atau promosi atau juga kabar bahwa anda menang lotere. Email spam biasanya datang kerena kita secara tidak sadar menyebarkan alamat email kita, seperti menulisnya pada social media dan menayangkannya. Walaupun kita memakai perusahaan email yang bagus, yang dimana mereka memiliki fitur anti spam, kadang-kadang pesan spam ini bisa menipu dan masuk ke kotak masuk utama. Spam juga kadang-kadang digunakan untuk membantu menyebarkan sejumlah virus, melalui penggunaan lampiran (attachment).

Adware
Adware merupakan istilah yang digunakan untuk perangkat lunak yang akan menampilkan iklan pada PC. Adware biasanya muncul sebagai jendela pop-up di layar komputer. Iklan ini akan muncul ketika komputer terhubung ke Internet. Adware juga berkerja dengan melakukan perubahan pada home page, membuat toolbar baru pada browser, dan memunculkan banyak jendela pop up yang isinya menawarkan suatu produk. Sebenarnya Adware tidak termasuk berbahaya, akan tetapi ia sangat menjengkelkan.

Pada umumnya Virus mematikan beberapa fungsi pada sistem operasi, dengan tujuan agar dirinya tidak mudah dikenali. Seperti Men disable Regedit. Regedit merupakan cara yang bagus untuk melihat file apa saja yang akan di eksekusi ketika start up, karena virus biasanya menanamkan shortcut-nya pada saat start up ini, dan melakukan perubahan apa saja yang telah di rubah oleh virus itu. Kita bisa mencari hal yang telah di disable oleh virus dan melakukan perubahan pada regedit, tentunya setelah virus itu dihilangkan (di delete dari startup list dan delete filenya).

Cara alternatif untuk melihat keberadaan virus yaitu menggunakan software HijackThis. ia membantu men Scan program apa saja yang di panggil ketika startup dan mengetahui dimana letak dari Virus tersebut.



Sumber: http://jasapembuatanweb.co.id/software/janis-jenis-virus-komputer-dan-cara-menanganinya-#ixzz2Cwx4OyUq

0 comment:

Poskan Komentar