Rabu, 21 Agustus 2013

Manfaat Internet Bagi Pendidikan


   Teknologi di dalam dunia pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi pendidikan berupa media untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar.Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berhubungan dengan usaha untuk meningkatkan produktivitas pendidikan.


Internet adalah salah satu contoh teknologi yang sangat bermanfaat untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan pendidikan.Internet adalah gabungan dari jaringan-jaringan komputer dalam skala luas dan besar,masing-masing pengguna dari computer dapat saling berkomunikasi dengan orang lain hanya dengan menggunakan sebuah bahasa jaringan.Pada saat ini internet telah menjadi teknologi yang sangat penting untuk berbagai aspek. Baik aspek pendidikan, aspek kebudayaan, aspek ekonomi, aspek sosial dan lain sebagainya.Ada pun untuk aspek pendidikan,internet sangat dirasakan manfaatnya baik untuk lembaga pendidikan, untuk tenaga pendidik dan untuk anak didik tersebut.
Berikut adalah manfaat internet bagi pendidikan yang di kelompokan menjadi 3 :
1. Lembaga Pendidikan
- Untuk memperkenalkan kepada orang-orang tentang lembaga pendidika tersebut dengan membuatkan web lembaganya di dalam internet.
- Untuk menghemat waktu dan biaya dalam perekrutan pegawai baru.
- Mempermudah menarik minat para siswa dan mahasiswa baru.
2. Tenaga Pendidik
- Untuk mencari bahan materi ajar yang akan diberikan kepada anak didik.
- Untuk mencari akses sumber informasi.
- Internet di jadikan alat untuk berdiskusi dengan anak didik agar pengetahuan anak didik itu semakin luas.
- Untuk mempermudah anak didik dalam mengumpulkan tugas-tugas yang di berikan.
3. Anak Didik
- Internet dapat digunakan untuk mempengaruhi peningkatan motivasi dan menguatkan pengajaran serta meningkatkan lingkungan psikologi pada anak didik.
- Untuk merangsang dan memotivasi siswa atau mahasiswa dalam mengembangkan intelektualnya sehingga dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu baik teoretis maupun terapan.
- Sebagai media tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar yang dilakukan dengan menggunakan Internet.
- Untuk menghemat waktu dalam mengerjakan tugas-tugas dan riset-riset yang di perintahkan.
 - Proses pengembangan ilmu dan teknologi lebih cepat karena hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar